Tinjauan Wilayah Pelayanan (Isoline)

Jenssen dalam Riyadi (2003:124) menyatakan bahwa untuk lebih melengkapi akurasi informasi yang telah diperoleh perlu dibentuk Isoline, yaitu suatu alat yang dapat digunakan untuk menganalisis tingkat aksesibilitas suatu wilayah terhadap fungsi-fungsi pelayanan yang ada di sekitar pusat-pusat perkotaan atau pelayanan. Isoline dapat digunakan untuk mengukur sampai sejauh mana fungsi-fungsi pelayanan dapat menjangkau permukiman-permukiman yang ada, dikaitkan dengan sarana dan prasarana transportasi. Selain itu, Isoline diperlukan juga untuk mengetahui antara daerah yang terintegrasi (terjangkau oleh fungsi pelayanan) dan yang tidak terintegrasi (terisolir dari fungsi-fungsi pelayanan, biasanya daerah hinterland), atau daerah yang seharusnya berada dalam lingkungan target dari pusat pelayanan atau di luar lingkungan target pelayanan.

Isoline adalah garis di sekitar suatu pusat (pelayanan) dalam jarak fisik atau waktu yang sama diukur dari pusat perkotaan sepanjang sistem jalan. Jarak dapat dikonversikan menjadi waktu dengan menghitung kecepatan rata-rata untuk berbagai jenis jalan dan kesempatan transportasi. Jenis-jenis jalan tersebut terbagi dalam jalan negara, jalan propinsi, jalan kabupaten/kota, jalan desa, bahkan jalan setapak.

Isoline digunakan sebagai penaksiran untuk mengetahui sampai sejauh mana daerah pelayanan yang harus dijangkau oleh suatu unit pelayanan tertentu. lsoline dapat digambarkan untuk pelayanan-pelayanan seperti sekolah menengah, puskesmas atau puskesmas pembantu, pasar, kantor, dan sebagainya. Rumus yang digunakan untuk penghitungan jarak pelayanan (Riyadi, 2003:136) adalah sebagai berikut:

<!–[if gte vml 1]&gt; &lt;![endif]–>rumus1<!–[if gte mso 9]&gt; &lt;![endif]–>

Untuk mengkonversi daya jangkau riil kedalam peta (Riyadi, 2003:136) menggunakan rumus:

<!–[if gte vml 1]&gt; &lt;![endif]–>rumus2 <!–[if gte mso 9]&gt; &lt;![endif]–>

Keterangan:

Jpr(m) : daya jangkau pelayanan riil maksimum

Jpp(m) : daya jangkau pelayanan peta maksimum

Mt : batas waktu maksimum

Jt : jarak tempuh

t : waktu tempuh

Sp : skala peta

Sr : skala riil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s