Kondisi Reklame dan Pohon Harus Diperiksa

MEDAN – Menyusul seringnya angin kencang yang melanda Kota Medan sekitarnya sepekan terakhir, Pemko Medan dan instansi terkait didesak untuk memeriksa semua papan reklame dan pohon-pohon hutan kota untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Tadi malam, akibat angin kencang yang melanda Kota Medan , sejumlah papan reklame dan pohon hutan kota serta rumah bertumbangan mengakibatkan adanya korban jiwa.

Pemerintah Kota Medan harus memikirkan regulasi terkait standarisasi papan iklan yang ada di kota Medan. “Harus ada standar tertentu, harus diperketat, “ sebut Analis Perkotaan Edy Syahputra Sitepu  kepada Waspada Online, hari ini.

Menurut dia jika ini tidak dilakukan, tentu akan menjadi pekerjaan tambahan tersendiri bagi pemerintah setiap ada cuaca ekstrim melanda Medan.

Edy mengatakan sudah selayaknya di dalam regulasi itu, Pemko mengatur sedemikian rupa soal-soal yang menyangkut ketahanan tiang iklan hingga prosedur pemeriksaannya. Ini perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan warga yang kebetulan lewat atau melintas di sana.

Meskipun, kondisi alam memang tak bisa diprediksi atau dilawan, namun Edy mengatakan sudah sepatutnyalah pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah pencegahan.

Menurut dia, setiap ada cuaca ekstrim terjadi, dapat dipastikan selalu ada tiang-tiang yang berjatuhan.

“Oleh karenanya regulasi yang ketat soal papan iklan mendesak dilakukan,” sebutnya. Apalagi jika sudah mengambil korban jiwa. “Tentu Pemko tak ingin disebut hanya mengambil retribusi semata, tapi mengabaikan keselamatan warga,” sebut Edy yang sehari-hari adalah Dosen Polmed Medan itu.

Editor: HARLES SILITONGA
(dat17/wolirobyef)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=245482:kondisi-reklame-dan-pohon-harus-diperiksa&catid=14:medan&Itemid=27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s