discussion

Sulitkah membangun daerah??

Membangun daerah itu sulit? Benarkah? Setidaknya demikian opini milik masyarakat menyikapi progress proses pembangunan yang sedang berlangsung. Statemen tersebut mungkin muncul karena masyarakat apatis melihat proses pembangunan itu sendiri.

Jalan ditempat, tambal sulam, kkn, project oriented dan lain-lain. Proses pembangunan tidak pernah “tulus dan iklash” untuk betul-betul berorientasi pada masyarakat. Pemerintah sendiri juga sangat jarang memberi bukti kuat bahwa memang mereka telah berhasil meregulasi daerahnya sehingga menjadi daerah yang memiliki kekuatan ekonomi baru yang telah berkembang. Sejumlah keberhasilan selalu diklaim pemerintah, namun pada prinsipnya perkembangan itu sendiri muncul karena kekuatan invisible hand sendiri.

Sebagian mereka bilang, “Tidak gampang membangun ekonomi daerah!, Kita butuh ini butuh itu untuk membangun daerah!” Weegh…statemen seperti ini paling sering dilontarkan kalau sudah terpilih, kalau belum terpilih lain lagi ceritanya. Janji-janji diumbar, apa yang tak mungkin dipenuhi pun dijanji-janjikan asal bisa mendapat suara, ha ha ha. Menurut saya membangun daerah itu sangat gampang pang pang…

Menurut Anda sendiri gimana?Jika mau kasih komen klik menu discussion di atas!

2 thoughts on “discussion

  1. sebenarnya itu semua tergantung niat dan kemauan individunya….

    Jika memang niat dan diikuti dengan kemauan serta kerjasama yang baik membangun daerah tidaklah sulit…

    Hanya saja sebagian besar orang terlalu bergantung pada pemimpin daerahnya, jika pembangunan dilaksanakan secara bersama demi kepentingan bersama juga saya rasa tidaklah sulit…

    Tapi terkadang kita hanya berfikir dan menginginkan hal yang menguntungkan kita sendiri saja tanpa melihat dari sudut pandang orang lain….

    Sekarang yang jadi masalah adalah apa kita betul-betul mau untuk sungguh-sungguh membangun daerah????

  2. klo kita ya gampang 2 sulit ……. klo orang ya berjiwa pemimpin spt nabi2 terdahulu ya dia pasti dia rela berkorban untuk daerah ,pa lg untuk negara………. brp banyak pakar ekonomi dan politik tp tetap aj retorika…… belaka …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s