Potensi Investasi

…silahkah hubungi kami bila Anda menginginkan dokumen lengkapnya 

Bab 1 Pendahuluan

1.1.     Latar Belakang

Salah satu ciri umum negara belum maju adalah kelangkaan modal. Sebab utama kelangkaan modal adalah kecilnya tabungan disebabkan kurangnya investasi di dalam sarana produksi yang mampu menaikkan tingkat pertumbuhan ekonomi. Maka bila dibandingkan dengan Indonesia, keadaan tersebutlah yang terjadi saat ini, hal ini dapat dilihat dari sejumlah fakta seperti tertundanya keiginan pemerintah untuk membangun sejumlah insfrastruktur akibat kurangnya dana yang dimiliki oleh pemerintah, tingkat produktivitas dan kemampuan individual masyarakat juga rendah, ketergantungan masyarakat terhadap bantuan pemerintah, serta kurangnya sarana produksi yang dimiliki masyarakat dan sector swasta. Akibatnya adalah derajat ekonomi, kesehatan, serta tingkat pengangguran yang tinggi.

Keadaan tersebut bisa dikurangi jika pemerintah bisa membangun dan menciptakan sarana produksi tadi. Pembangunan dan penciptaan sarana produksi tersebut adalah dengan membangun infrastruktur yang mendukung program tersebut. Permasalahnnya adalah dana untuk merealisasikannya tidak mencukupi. Dalam hal ini sebenarnya sektor swasta mempunyai peran yang strategis yaitu dengan membantu pemerintah dalam mengumpulkan dana . Kondisi sektor swasta pun tidak mampu untuk memikul tanggung jawab itu.

Dalam hal ini pemerintah daerah diberikan keleluasaan dalam berinovasi demi menarik sejumlah investor ke daerah, dalam hal ini undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah daerah serta undang-undang Nomor 33 taun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah merupakan peluang dan sekaligus tantangan bagi pemerintah Daerah untuk dapat lebih mengembangkan segala potensi yang ada guna menyeimbangkan pembangunan di daerah dalam segala sektor pembangunan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Ketersediaan data dan informasi sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembangunan suatu daerah. Berbagai jenis informasi sangat dibutuhkan guna mendukung setiap kebijakan/langkah-langkah yang akan dipertimbangkan oleh para pengambil keputusan (decision makers) mulai dari tingkat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan.

Penyusunan Kajian Potensi Sumber Daya Terkait dengan Investasi di Kota Medan merupakan suatu pemenuhan kebutuhan publik agar dapat memberikan informasi yang jelas untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang potensi dari berbagai sektor strategis yang ada di Kota Medan serta peluang pengembangan investasinya. Informasi ini diharapkan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan para perencana di daerah dalam penyusunan alokasi anggaran dan bahkan dapat digunakan diharapkan dapat memberikan informasi bagi dunia usaha dan investasi di daerah, dengan demikian di harapkan dunia usaha dapat tumbuh dan berkembang sejalan dengan kebijaksanaan pembangunan pemerintah daerah.

Informasi yang disajikan pada Rencana Pengembangan Kawasan Investasi Kota Medan ini pada dasarnya dikelompokkan atas empat bagian yaitu : Pendahuluan, kajian analisis sektor unggulan daerah, Rencana dan Peluang Investasi, Profil Investasi, Prosedur perizinan dan pelayanan investasi. Data tersebut dikumpulkan  dari berbagai dinas/instansi terkait, diupayakan menjadi informasi yang komprehensif dan disajikan sesuai dengan format yang telah dibakukan dan mudah dimengerti oleh seluruh kalangan yang membutuhkan.

Pada dasarnya tujuan penyusunan Kajian Potensi Sumber Daya yang terkait dengan Investasi Kota di Medan, adalah untuk memberikan informasi secara jelas mengenai, sumber daya potensial yang mendukung investasi, rencana pengembangan investasi ke depan, sekaligus profil investasi, prosedur perizinan dan pelayanan investasi Kota Medan.

1.2.     Maksud.

Kegiatan Kajian Potensi Sumber Daya yang terkait dengan Investasi ini dimaksud sebagai panduan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai seluruh potensi investasi yang ada di Kota Medan.

1.3.     Tujuan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat dokumen tentang seluruh potensi investasi yang ada di Kota Medan, sehingga dapat digunakan sebagai referensi dan acuan bersama pemerintah, pengusaha dan masyarakat dalam mengembangkan usahanya di Kota Medan.

1.4.     Sasaran

Adapun sasaran yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah :

  1. Mengelompokkan jenis investasi yang telah ada berdasarkan skala usaha dan jenis usahanya.
  2. Memperkenalkan dan meningkatkan daya tarik investasi sehingga mampu mendorong perekonomian kota.
  3. Tersedianya informasi yang akurat tentang potensi investasi plus nilai ekonominya.
  4. Tersusunnya program dan kebijakan pengembangan usaha dan investasi Kota Medan.

1.5.     Manfaat

Adapun manfaat pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen yang  berisi potensi investasi yang dapat memberi manfaat sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kapasitas Kota Medan dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
  2. Memberikan informasi kualitatif dan kuantitatif bagi pengusaha atau investor dan masyarakat umum agar dapat mengetahui tentang potensi investasi yang dimiliki oleh Kota Medan.
  3. Memberikan informasi tentang kawasan potensial dan strategis untuk pengembangan investasi kota.
  4. Menyediakan dukungan data dan informasi ekonomi bagi perencana dalam pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan ditingkat daerah dan pusat.
  5. Sebagai bahan masukan dalam proses perencanaan pembangunan nasional dan daerah serta investasi penanaman modal sesuai potensi Kota Medan.

1.6.     Keluaran (Output)

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah berupa :

  1. Dokumen yang berisi laporan yang berisi informasi yang akurat mengenai potensi investasi di Kota Medan.
  2. Informasi tentang potensi investasi yang meliputi berbagai sektor bisnis potensial, baik dari sektor Jasa, Perdagangan, Industri, Perumahan, Pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan dan lainnya.

1.7.     Lingkup Kegiatan

Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Pengumpulan Data. Pengumpulan data bertujuan untuk memetakan kondisi pembangunan ekonomi Kota Medan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan memanfaatkan data sekunder dari institusi terkait, survey ke lapangan untuk memperoleh data primer. Data primer dilakukan melalui visual survey, pemetaan, kuesioner dan wawancara kepada stakeholders terkait.
  2. Studi Kepustakaan. Studi kepustakaan bertujuan untuk memperoleh dasar teori tentang kajian optimalisasi potensi sumber daya yang terkait dengan peningkatan investasi Kota Medan.
  3. Analisis. Analisis nonfisik (menganalisis masalah, potensi, peluang, hambatan dan tantangan) dalam upaya pembangunan ekonomi kota. Analisis fisik (menganalisis masalah pembangunan ekonomi kota dari aspek lanskap, bangunan, utilitas dan ruang kota antara lain dengan mengidentifikasi karakteristik kota secara fisik, sosial, budaya dan ekonomi.
  4. Rekomendasi.

…silahkah hubungi kami bila Anda menginginkan dokumen lengkapnya 

One thought on “Potensi Investasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s