Renstra Diskop

silahkan hubungi kami bila anda menginginkan versi lengkapnya

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Sebagai salah satu kota utama yang mendukung perekonomian nasional, Kota Medan dewasa ini terus berkembang menuju kota metropolitan dan berbagai sektor perekononomian yang menjadi ciri kota besar terlihat tumbuh pesat dari waktu ke waktu. Dari sisi nilai dan volume bisnis dinamika perekonomian kota medan sejauh ini masih didominasi oleh sektor industri dan perdagangan. Namun jika dilihat dari sisi kuantitas dan daya serap tenaga kerja, koperasi & UMKM semakin memiliki posisi yang strategis mengikuti trend nasional. Koperasi & UMKM merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja serta memiliki kemandirian yang tinggi dan tahan terhadap berbagai hempangan krisis ekonomi.

Oleh karenanya Dinas Koperasi UMKM sangat optimis dalam penyusunan Renstra 2011-2015 ini untuk semakin memfokuskan pada berbagai kegiatan-kegiatan yang mendukung tumbuh kembangnya serta peningkatan kualitas koperasi dan UMKM di Kota Medan. Selaras dengan visi walikota yang bermuara pada peningkatan produktivitas dan daya saing Dinas Koperasi UMKM bercita-cita menjadikan koperasi dan UMKM sebagai primemover perekonomian kota Medan.

 

1.1.1.   Pengertian Renstra

Rencana Strategis Dinas Koperasi UMKM ini tidak lain merupakan komitmen pimpinan dan seluruh aparatur dinas dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat di bidang pemberdayaan dan pengembangan perkoperasian di Kota Medan, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah yang pada gilirannya memberikan peran signifikan dalam mengatasi berbagai problem-problem ekonomi.

1.1.2.   Fungsi Renstra

Sebagaimana dimaklumi, bahwa visi Walikota Medan adalah terwujudnya kota metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera, visi ini perlu ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh oleh semua SKPD sebagai kebijakan implementatif, termasuk di dalamnya Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Medan, yang dirumuskan dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Tahun 2011-2015.

Rencana Strategis Satuan Perangkat Kerja Daerah (Renstra SKPD) merupakan dokumen perencanaan resmi SKPD yang dipersyaratkan untuk mengarahkan pelayanan publik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pembangunan daerah dalam jangka 5 (lima) tahun ke depan pada masa kepemimpinan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Secara umum Renstra SKPD diharapkan dapat menjawab dua hal mendasar, yaitu:

  1. Arah pelayanan yang akan dikembangkan dan hendak dicapai SKPD dalam lima tahun ke depan;
  2. Langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan tercapai.

1.1.3.   Proses Penyusunan Renstra

Penyusunan Renstra Dinas Koperasi UMKM Kota Medan Tahun 2011 – 2015 dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai peraturan dan ketentuan yang berlaku, serapan aspirasi masyarakat, evaluasi pembangunan perkoperasian priode sebelumnya, potensi daerah, faktor eksternal dan internal. Penyusunan RENSTRA Dinas Koperasi UMKM ini juga disusun dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari stakeholders pada kegiatan MUSRENBANG.

1.1.4.   Keterkaitan Renstra Dinas Koperasi dengan RPJMD

Penyusunan Renstra ini mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan, yang menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Tahunan (Renja) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Lebih jauh dalam dokumen Renstra ini, dirumuskan visi, misi, strategi, arah kebijakan, dan langkah-langkah capaian kegiatan, disusun secara sistematis dan sinergis dalam upaya medukung visi Kota Medan dan visi Walikota dalam membangun Kota Medan lima tahun ke depan.

1.2. Landasan Hukum

Landasan Hukum Penyusunan Rencana Strategis  Dinas Koperasi UMKM Kota Medan ini adalah :

  1. UUNo. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
  2. UU No. 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan Negara.
  3. UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
  4. UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
  5. UU No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.
  6. Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 2004 Tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP).
  7. Peraturan Pemerintah No.21 tahun 2004 Tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Negara/Lembaga.
  8. Peraturan Pemerintah No.58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.
  9. Peraturan Peresiden No.5 tahun 2005 Tentang  Rencana Pembangunan Jangka Menengah.

10     Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman  Pengelolaan Keuangan Daerah.

11     Peraturan Walikota Medan tentang Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah ( RPJMD) Kota Medan Tahun 2011-2015.

1.3. Maksud dan Tujuan

Maksud penyusunan Renstra Dinas Koperasi UMKM Kota Medan Tahun 2011-2015 ini adalah sebagai pedoman perencanaan pembangunan dan pemberdayan Koperasi UMKM untuk priode 5 (lima) tahun dalam upaya mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan maksud di atas, tujuan penyusunan Renstra Dinas Koperasi UMKM Kota Medan Tahun 2011-2015 ini adalah :

  1. Menjabarkan agenda-agenda pembangunan koperasi dan UMKM.
  2. Memberikan arah pembangunan koperasi dan UMKM Kota Medan dalam jangka 5 (lima) tahun ke depan.
  3. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan penganggaran, pelaksanaan pengawasan pada setiap tahun anggaran selama 5 (lima) tahun yang akan datang.
  4. Menjaga kesinambungan pembangunan (sustainable improvement) koperasi dan UMKM dalam 5 tahunan selaras dengan bingkai pembangunan jangka panjang koperasi dan UMKM.
  5. Memberikan tolak ukur (perfomance indicator) untuk mengukur dan evaluasi kinerja tahunan Dinas Koperasi UMKM kota Medan .
  6. Menciptakan sinerji efektifitas, efisiensi dan sinkronisasi pelaksanaan pembangunan antar sektor  wilayah maupun tingkatan  pemerintah.

1.4. Sistematika Penulisan

Renstra ini disusun secara sederhana, sistematis dan komprehensif, sehingga mudah dipahami, disempurnakan dan  dilaksanakan dengan baik oleh segenap unsur Dinas Koperasi UMKM Kota Medan. Adapun sistematika Renstra Dinas Koperasi UMKM adalah sebagai berikut:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s